PDA

View Full Version : Semua Motor Matic Silakan KUmpul SINI !!!



QPLy
04-13-2010, 07:55 AM
Disini merupakan trit tentang motor matic semua tipe. Silakan anda share Info, Tips N' Trik ato yang lainnya tentang motor matic.


Rule :

No Reply Junk, jika Ngejunk disini Bakal dapat sanksi dari Mod YbS
No OOT.
posting artikel yang panjang mohon di putus dan dimasukkan spoiler.
POsting harus sesuai rule dan peraturan resmi Lareosing.org
peraturan yang lain menyusul

QPLy
04-13-2010, 07:56 AM
Masih dalam proses karena yang posting masih sedikit.



--##### reserved TS ####-----

QPLy
04-13-2010, 08:10 AM
Yamaha Mio, Honda Vario, dan Suzuki Spin, sekilas memang memiliki teknologi yang sama. Tapi, apakah kita akan mengambil salah satunya tanpa pertimbangan. Ada baiknya kita cermati ulasan perbandingan antara ketiganya berikut ini :

1. Yamaha Mio
http://otocontest.com/wp-content/uploads/thumb-yamaha-mio.jpgYamaha Mio Bisa dibilang Mio merupakan bintangnya motor matik di Indonesia. Bagaimana tidak sejak peluncurannya hingga saat ini, penjualan Mio mampu mendongkrak share penjualan Yamaha. Kehadirannya bahkan membuat sang kakak alias Nouvo menjadi kalah populer. Lucunya, meski diperuntukkan untuk kaum hawa, Mio terbukti laris manis dibeli para pejantan tangguh. Kalau mau jujur, Mio berhasil mengedukasi pasar dan membenamkan image bahwa motor matik oke-oke saja digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Kalaupun ada yang kurang dari sosok Mio adalah faktor tangki bahan bakar yang imut, sehingga membuatnya harus sering mampir ke pompa bensin. Kapasitas tangki Mio menurut buku manual ''cuma'' 3,7 liter sama dengan bebek Honda. Masalahnya, motor matik cenderung boros karena membutuhkan putaran mesin yang cukup tinggi agar motor bisa bergerak lebih tinggi dari motor bebek dan motor sport. Selain itu, penyakit bawaan Mio adalah bunyi tikus di sektor roda belakang.

Dari sisi mesin, Mio tidak menyodorkan sesuatu yang baru. Mio dikemas Yamaha dengan harga yang relatif terjangkau masih di bawah bebek. Dilempar dengan dua varian pada umumnya: spoke wheel dan CW. Berhubung Mio memang si pelopor, wajar bila aksesori dan spare parts-nya bejibun di pasaran. Termasuk racing parts dan pola modifikasi yang bisa diterapkan konsumen pada Mio kesayangannya. Apalagi Yamaha pun membuka kontes modifikasi yang bikin Mio tambah banyak variasi modifikasinya. Dari sisi bengkel, mekanik Yamaha sudah duluan mengenal teknologi CVT sehingga tak perlu khawatir motor ini tidak bisa ''diurus'' oleh bengkel.

2. Honda Vario

http://otocontest.com/wp-content/uploads/honda_vario.jpgHonda VarioYang satu ini sangat-sangat diwaspadai oleh Yamaha. Maklum, Vario memiliki segalanya untuk meluluhlantakkan dominasi Mio di pasar. Mengusung mesin tipe baru dengan radiator, namun memiliki cc yang lebih kecil di bawah Mio (108 cc). Dengan segala fitur baru yang ditawarkan plus nama besar Honda, pesona produk matik keluaran Honda ini membuatnya ngetop bahkan sebelum motor ini nampak wujudnya di Tanah Air. "Rasa Mio" sangat kental di Honda Vario ini, tetapi ada beberapa tambahan yang merupakan ciri khas Honda disertakan dalam produk matiknya yang pertama di Indonesia ini.

Dari sisi mesin, calon pembeli mesti waspada. Kendati nama besar, jaringan servis Honda tidak perlu diragukan, banyak pengalaman yang tidak mengenakkan setiap kali pabrikan me-launching motor dengan teknologi mesin baru. Ingat kasus MX? Ingat kasus Karisma? Di mana Honda merombak teknologinya dengan meluncurkan Karisma, seketika itu juga komplain bermunculan. Plus satu lagi, teknologi pendingin menggunakanradiator. Terima kasih kepada Yamaha yang sudah membuat konsumen panas-dingin dengan kasus tercampurnya oli dengan air radiator di MX. Waspada.

Diprediksikan nama besar Honda mampu melenyapkan image bahwa motor matik boros bahan bakar. Apalagi dengan cc mesin yang lebih kecil dari Mio, tampaknya Honda memang mengejar irit. Sayangnya, irit tidak lagi irit bila mengingat Honda Vario mengusung mesin baru dengan radiator. Penambahan fitur radiator memang hi-tech, tetapi sekaligus membuat ongkos perawatannya pun bertambah. Belum lagi, Honda terkenal dengan banyak kasus kelangkaan spareparts di pasar (NSR, Tiger, Karisma, Sonic). Hal yang kerap membuat konsumen frustrasi.

Dari sisi kesiapan mekanik, memang tidak perlu ragu. Dengan segala sumber daya yang dimiliki Honda, sanggup membuat mekanik di seluruh jaringan servisnya bisa menangani motor matik. Harga jual Honda memang tidak murah dan paling tinggi di antara pabrikan Jepang lainnya. Vario harganya hampir setara dengan motor bebek. Hal ini tentu bisa menjadi faktor penghambat penjualan Vario nantinya karena dianggap terlalu mahal. Pun begitu, nama besar Honda lagi-lagi sanggup menghipnotis konsumen sehingga label harga berapa pun asal ada logo sayap kepak, tentu bukan masalah.

3. Suzuki Spin

http://otocontest.com/wp-content/uploads/suzukispin.jpgSuzuki Spin, standar, belum modifikasiDibanding kedua kompetitornya, keunggulan Spin cuma satu, kapasitas paling besar 125 cc. Lainnya tergolong biasa saja. Bentuknya juga lebih condong ke Mio. Dengan kapasitas 110 cc saja matik sudah terasa boros bila dibanding bebek, bagaimana bila 125 cc? Ini bisa jadi kelemahan sekaligus keuntungan Spin. Penggila kecepatan, tentu akan memilih Spin yang memiliki kapasitas terbesar.

Poin plus ada di masa servis yang ditawarkan Suzuki, tiga tahun free service dan ganti oli. Ini sangat menguntungkan di masa sulit seperti ini. Belum lagi soal servis dan garansi, Suzukiyang paling andal dari dulu. Berani sekali dan jadi pelopor di antara kompetitor lainnya. Jadi jika konsumen membeli Spin, tidak usah pusing memikirkan servisnya. Apalagi teknologi mesin Step masih sebelas dua belas dengan Shogun 125 series/Arashi seperti layaknya Mio dengan Vega series/Jupiter series. Tidak menggunakan radiator. Simpel.

SUMBER (http://otocontest.com/motorcycles/perbandingan-3-motor-matic-yamaha-mio-honda-vario-dan-suzuki-spin)

QPLy
04-13-2010, 08:16 AM
http://pupungbp.erastica.com/wp-content/uploads/2008/01/roller1.jpgFungsi roller pada motor matic adalah untuk memberikan tekanan keluar pada variator hingga dimungkinkan variator dapat membuka dan memberikan sebuah perubahan lingkar diameter lebih besar terhadap belt drive sehingga motor dapat bergerak. Kinerja variator ini sangat ditentukan oleh Roller, baik itu bentuk maupun bahan roller, dan yang terpenting adalah berat dari roller.

Bentuk roller yang baik harus lah berbentuk bundar, bentuk bundar dan sempurna mempermudah pergerakan dari variator, bila bentuknya sudah tidak bundar, maka sudah waktunya Anda mengganti Roller motor matic Anda. Bahan yang dipergunakan biasanya terbuat dari bahan teflon karena sifatnya yang licin, keras, dan tahan panas.

Meningkatkan Aselerasi dan Top Speed

Dikarenakan roller sangat berpengaruh terhadap perubahan variabel dari variator, tentu akan sangat berpengaruh terhadap performa motor matic. Aselerasi dan Top Speed sulit didapatkan secara bersamaan dalam sebuah motor matic tanpa meningkatkan kinerja dapur pacu. Dalam meng-”utak-atik” roller, Anda hanya akan dihadapkan pada pilihan: “Aselerasi” atau “Top Speed”.

Bila kita sering melakukan perjalanan di dalam kota, melewati kemacetan, kondisi yang “stop and go”, dan jarak yang tidak terlalu jauh, pilihan Anda sebaiknya adalah Aselerasi. Aselerasi akan lebih baik bila Roller memiliki berat lebih ringan. Misalnya, bila berat standard dari roller yang dipergunakan adalah 13 Gram, Anda akan mendapatkan sensasi aselerasi ini dengan menggunakan roller 12 Gram.

Namun bila Anda sering melakukan perjalanan antar kota dengan jarak yang cukup jauh atau bahkan touring dengan rekan – rekan Anda. Pilihan Top Speed lebih cocok dipergunakan. Sama dengan contoh kasus diatas, Top speed yang lebih baik akan Anda peroleh dengan mengganti Roller dengan yang lebih berat dari berat standard, misalnya 14 Gram.
Membersihkan Roller

Membersihkan Roller secara berkala juga diperlukan, dengan menggunakan bensin dan kuas, Anda dapat menghilangkan debu-debu dan kotoran yang menempel. Untuk beberapa jenis motor matic yang memerlukan pelumasan (grease) pada roller, memerlukan pemeriksaan dan perawatan lebih sering dari pada yang tidak menggunakan pelumasan.

QPLy
04-13-2010, 08:21 AM
To view links or images in this forum your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts. Barangkali ada yang mengalami dengan skutiknya seperti ini. Saat jalan, dari CVT muncul suara decitan waktu gas (throttle) dibetot. Paling tidak, ada tiga hal yang jadi pemicu timbulnya suara yang mengganggu telinga itu.

Inilah ketiga permasalahan itu.


1. Ada cairan. Adanya sejenis oli atau cairan yang lama menguap dan bikin licin mengganggung mekanisme kerja puli depan atau belakang. jadi, gesekan belt dan puli depan-belakang tidak sempurna.

Trus, pemakaian gemuk yang berlebihan atau salah, juga bisa bikin selip. Muncul selip karena gemuk yang berlebihan dan enggak sesuai spesifikasi, muncrat ke komponen yang bergesekan dengan sabuk.
To view links or images in this forum your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts. 2. Perawatan filter. Lho, apa hubungannya filter dengan decitan CVT? Umumnya pemilik skutik, bilang Slamet dari Education Service Supervision PT Yamaha Motor Kencana Indonesia, tidak merawat filter karena ada tumpukan debu atau kotoran sampai komponen penyaring itu kotor.

"Filter yang kotor bikin sedikit ruang untuk udara masuk ke bagian dalam CVT. Di sini yang bikin temperatur tinggi di atas toleransi. Efeknya, overheat bagian dalam CVT dan dampak jangka panjangnya bikin selip," papar Handy Hariko, Deputy GM Technical Service PT Astra Honda Motor (AHM). Nah, dengan panas yang melebihi batas bikin gemuk di beberapa komponen mencair lebioh cepat. Nah, gemuk yang menempel di piring drive-driven space, jika kena gesekan sabuk atau belt bakal menimbulkan gejala selip.

Makanya,setiap servis berkala jangan lupa bersihkan filter.
To view links or images in this forum your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts. 3. Perlakukan mekanik. Hal lain yang bikin selip karena perlakukan mekanik yang enggak peduli sama kebersihan tangan. Cuek sama tangan yang penuh bekas oli atau cairan apapun. Saat bongkar pasangnan komponen CVT, tanpa sadar bekas oli tangan mekanik nempel di komponen CVT.


4. Cairan lain. Slamet dan Handy Hariko sepakat bahwa enggak semua belt cleaner buat mobil cocok dipakai pada motor. Coba lihat sabuk di mobil dan motor. kalau di mobil rata-rata terbuka, sedang CVT di skutik tertutup. Sehingga cairan di mobil lebih cepat mengering.

Kalau enggak sabar menunggu belt cleaner khusus buat CVT skutik, ada cara paling simpel. Pakai saja alkohol di atas 70%. Gunakan setelah CVT dibongkra habis dan dipasang kembali.




SUMBER (http://otomotif.kompas.com/read/xml/2010/03/31/15290143/jangan.panik.jika.muncul.bunyi.decitan.dari.cvt.sk utik)

QPLy
04-26-2010, 07:21 AM
To view links or images in this forum your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts. Dua puluh empat ribu kilometer, jadi patokan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk ganti belt Honda Vario. Walau bukan harga mati, namun bila enggak diperhatikan bisa fatal akibatnya.

"Part itu dikhawatirkan bisa putus. Apalagi pemakaiannya sudah melebihi 30 ribu km," terang Syafrudin, kepala mekanik AHASS Clara Motor, di Kebon Jeruk, Jakbar.

Hal senada juga diungkapkan oleh Hasan Basri dari bengkel motor umum Hasan Motor. Mekanik yang workshopnya di Kelapa Dua, Jakbar ini menambahkan, bila terjadi belt putus saat Vario dipacu pada kecepatan tinggi, bisa bikin driven pulley-nya bermasalah (gbr.1). "Kejadian ini menimpa salah satu konsumen saya yang kebetulan juga membesut Vario," ujarnya.
Langsung mengganti belt baru dan pasang, ternyata tidak memperkecil masalah yang terjadi pada puli sekunder. Malah kalau diteruskan, rentetan kerusakan akan semakin banyak. Mau tahu apa saja yang bisa rusak? Yuk, kita lihat di bagian driven pulley Vario.

Bunyi berisik akan jadi pertanda bagian ini bermasalah. Pasalnya dudukan movable driven face (MDF) sudah oblak (gbr.2). Dari masalah paling awal ini, merembet ke jalur pin yang ada di MDF (gbr.3). "Pergerakan MDF yang tidak stabil lagi, lama-lama akan membuat jalur tersebut melebar," kata Hasan yang juga bilang hal ini bisa juga terjadi pada semua skutik.

Langsung mengganti belt baru dan pasang, ternyata tidak memperkecil masalah yang terjadi pada puli sekunder. Malah kalau diteruskan, rentetan kerusakan akan semakin banyak. Mau tahu apa saja yang bisa rusak? Yuk, kita lihat di bagian driven pulley Vario.

To view links or images in this forum your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts. Bunyi berisik akan jadi pertanda bagian ini bermasalah. Pasalnya dudukan movable driven face (MDF) sudah oblak (gbr.2). Dari masalah paling awal ini, merembet ke jalur pin yang ada di MDF (gbr.3). "Pergerakan MDF yang tidak stabil lagi, lama-lama akan membuat jalur tersebut melebar," kata Hasan yang juga bilang hal ini bisa juga terjadi pada semua skutik.

Pergerakan yang tidak lagi stabil di MDF ternyata juga berdampak pada kampas kopling sentrifugal (gbr.4). Bila enggak cepat-cepat diganti bagian yang rusak, maka umur kampas kopling jadi lebih pendek.

Nah bila memang hal-hal di atas sudah terjadi, mengganti dengan komponen baru jadi satu-satunya jalan yang harus ditempuh. Dana lebih dari Rp 500 ribu mesti disiapkan.

Sebenarnya ada hal yang bisa meminimalkan kerusakan yang timbul, yakni dengan mengganti belt sesuai aturan. "Selain jarak pakai yang 24 ribu km, kondisi fisik karet belt yang sudah retak-retak saat ditekuk juga bisa jadi indikasi untuk mengganti part itu (gbr.5)," tutup Hasan.

SUMBER (http://www.otomotifnet.com/otoweb/index.php?templet=ototips/Content/0/0/1/7/9626 )

QPLy
04-26-2010, 07:33 AM
http://bengkelsepedamotor.files.wordpress.com/2010/04/b_beat_spedmtr.jpg?w=500&h=375
Sudah hampir selesai masa break-in yaitu penyesuaian komponen-komponen mesin yang bergerak, harus segera ganti oli mesin, ganti oli gigi reduksi akhir, periksa busi, kekencangan baut dan mur, lumasi kabel rem, kabel gas dan lain-lain. Setelah ganti oli mesin ini boleh ngebut sampai top speed deh, rem depan/belakang juga sudah
boleh dibejek abis
http://bengkelsepedamotor.files.wordpress.com/2010/04/b_ganti-oli.jpg?w=500&h=375
Weks memang sudah waktunya Perawatan Berkala ke-1 oli mesinnya sudah Hitam.
http://bengkelsepedamotor.files.wordpress.com/2010/04/b_ganti-oli-24.jpg?w=500&h=375[img]
Setelah oli mesin yang lama keluar semua nggak usah disemprot udara bertekanan, miringkan sepedamotor sedikit ke-kiri dan kanan, pasang kembali baut pembuangan oli, kencangkan dengan spesifikasi torsi 24 N.m (2,4 kgf.m), kemudian isi dengan AHM Oil MPX2 khusus untuk mesin dengan kopling terpisah (kopling kering) JASO MB olinya licin untuk pelumasan sempurna, kalau dipakai ke mesin yang koplingnya terkena oli ini (koplig basah) dapat mengakibatkan kopling selip.
Tidak pakai corong (alasan kebersihan) bekas aluminium tutup botol oli ini, standar samping, isi oli rekomendasi pabrik.
[img]http://bengkelsepedamotor.files.wordpress.com/2010/04/b_beat_thlub.jpg?w=500&h=375
Berikutnya bengkelsepedamotor hendak melumasi kabel gas, pangkal kabelnya ada dalam penutup setang sepedamotor, mau buka bagian depannya saja, setelah 4 sekrup dibuka dan juga kedua batang spion, lho koq masih mentok ke penutup bagian depan, yah buka saja deh daripada dipaksa-paksa (bengkelsepedamotor tidak suka memaksa )
http://go2.wordpress.com/?id=725X1342&site=bengkelsepedamotor.wordpress.com&url=http%3A%2F%2Fbengkelsepedamotor.files.wordpres s.com%2F2010%2F04%2Fb_beat_spluggap.jpg&sref=http%3A%2F%2Fbengkelsepedamotor.wordpress.com %2F2010%2F04%2F07%2Fdiy-perawatan-berkala-honda-beat-ke-1%2F
Ukur celah kerenggangan busi spesifikasi 0,8 ~ 0,9mm.
Yang ini seperti jurus kung-fu 8 penjuru mata angin, busi bekas (ring-nya sudah gepeng) setelah masuk dengan diputar dengan tangan sampai rapat, ditambah lagi 1/8 putaran, 90 derajat = 1/4 lingkaran, dibagi 2 lagi jadi 1/8, posisikan tangan seperti gambar, dorong kunci sampai segaris dengan posisi telapak tangan.
http://bengkelsepedamotor.files.wordpress.com/2010/04/b_beat_valvegap.jpg?w=500&h=375
Yang ini cuma cek saja IN dan EX 0,10mm dapat masuk, 0,15mm tidak dapat masuk, mau disetel batas spesifikasi-nya belum tahu, masih mencari Service Manual Honda BeAT, baru dapet punya HONDA VARIO; IN = 0,14 ~ 0,18mm dan EX = 0,23 ~0,27mm.
Baut penutup silinder head 12 N.m (1,2 Kgf.m), pastikan karet penyekat (gasket) sudah masuk pada alurnya dan dilap kering agar tidak meleset saat dikencangkan.
http://bengkelsepedamotor.files.wordpress.com/2010/04/b_beat_eleclub.jpg?w=500&h=375
Sebelum semua dipasang kembali seperti semula, untuk soket-soket kelistrikan bengkelsepedamotor berikan pelumas supaya aliran listriknya lancar dan menghindari oksidasi pada kepala terminalnya.

SUMBER (http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/2010/04/07/diy-perawatan-berkala-honda-beat-ke-1/)

noped
04-26-2010, 09:48 AM
@Qply........
Ane sering ktmu mio atau nouvo yg cover CVT nya udh dirubah dan pake selang.
Fungsinya buat apa ye ? Trus ujung selang itu kmn juga ?

QPLy
04-26-2010, 10:01 AM
sek bOS nak takok mbah doelo. ato golek reprensi :D


:ngacir:

ketepeng
04-26-2010, 10:30 AM
okelah PLI :))


info bermanfaat..


INFO ne SKYWAVE ndi????

QPLy
04-26-2010, 11:13 AM
Sek Brooo Sek golek reperensi maklum asline dudu wong Otomotif hany saja ingin memaami otomotip. sek menunggu poro suhu oto motip :D

QPLy
04-26-2010, 11:52 AM
@Qply........
Ane sering ktmu mio atau nouvo yg cover CVT nya udh dirubah dan pake selang.
Fungsinya buat apa ye ? Trus ujung selang itu kmn juga ?

Setelah ane cari reprensi muter" n' gak dapet" mukin itu hanya untuk Variasi aaza OM. tapi kalo ada selang kemungkinan seh itu di taruh sebagai selang Udara.

mangap kalo jawabannya ngaco ato salah. masih menunggu poro suhu otomotip

noped
04-26-2010, 11:56 AM
Setelah ane cari reprensi muter" n' gak dapet" mukin itu hanya untuk Variasi aaza OM. tapi kalo ada selang kemungkinan seh itu di taruh sebagai selang Udara.

mangap kalo jawabannya ngaco ato salah. masih menunggu poro suhu otomotip

Mosok cuman sebagai selang udara ply ? tapi yo mungkin iso juga seh ya, suwon jawapane.

noped
04-27-2010, 05:46 PM
@Qply dan yang punya Matic

Efek paling berat apa kalo v-belt putus?

aldyduesupra
05-05-2010, 01:10 PM
@Qply dan yang punya Matic

Efek paling berat apa kalo v-belt putus? hang jelas yo peda sing biso mlaku kang?????mngkane tiap 16000km v-belt kudu d cek pisan......myakne tmbh siiippp????

noped
05-05-2010, 01:25 PM
hang jelas yo peda sing biso mlaku kang?????mngkane tiap 16000km v-belt kudu d cek pisan......myakne tmbh siiippp????

Oooo berarti ngepeke paling berat iku yo, ga ngaruh ke komponen lain

eSTe
05-05-2010, 05:18 PM
Ada pengaruhnya gak, kalo bahan bakar Pertamax di campur ama Bensin ??? :O

noped
05-06-2010, 01:41 PM
Ada pengaruhnya gak, kalo bahan bakar Pertamax di campur ama Bensin ??? :O

Ndak ada, malah bagus untuk pembakaran mesin, bener kan bro brur ?

QPLy
05-17-2010, 02:50 PM
Ndak ada, malah bagus untuk pembakaran mesin, bener kan bro brur ?

biasae pengoplosan bensin + pertamaXX iku di lakoni kanggo mbiasakno sepeda sek biasane gae bensin trus pengene di rubah nggae pertamaXX. yo pertama tama di oplos disek ar ngunu pretamaXX murni :D

Genjer
05-17-2010, 03:32 PM
melu takon kang,...
yamaha xeon lebih boros dari mio soul nga?....

noped
05-17-2010, 06:06 PM
melu takon kang,...
yamaha xeon lebih boros dari mio soul nga?....

Lha sopo warga kene sing wes numpak i xeon ?

Genjer
05-17-2010, 06:37 PM
Lha sopo warga kene sing wes numpak i xeon ?

yo be'e ono tho kang,...
mangkane tekoq sopo ngerti iso inden ki.... kekekekeek.....

Koentji
05-17-2010, 08:07 PM
yo be'e ono tho kang,...
mangkane tekoq sopo ngerti iso inden ki.... kekekekeek.....

Coba baca disini (http://ninja250r.wordpress.com/2010/04/30/yamaha-xeon-125-dibandrol-155-juta/) kang...

Genjer
05-17-2010, 09:47 PM
matur nuwun inpone.... kang tuk,

noped
06-10-2010, 11:46 AM
matur nuwun inpone.... kang tuk,

Wes ndang tuku om, service e ramayana hotel kan entuk gawe tuku.

QPLy
10-27-2010, 07:44 AM
ada yang perlu di bahaskah

kok rasanya trit ini sepi yak.


ayo donk yang punya matic masuk sini,


bah cuma meeng poto sepeda or lainne. :D

kurakurakecil
01-21-2011, 10:30 PM
kang, isun duwe BEAT, tahun baru wingi mari sun gowo munggah ijen.
berhubung dalan'e ajur heng kakaruan, spida isun iku nang dalan ban mburi iso sampek ngguser lan mesin'e sampek metu welek'e.(mambu pisan)

ono hang ngomong selip teko CVT'ne, ugo ono hang ngomong teko kampas kopling'e.
kiro-kiro hang bener hang endi kang...???
ongkos kiro-kiro entek piro.....?????

masnawie
01-21-2011, 11:02 PM
man kur..

jajal pean jupuk antrian tiket ning prakteke dokter iki


http://lareosing.org/showthread.php?2061-Tanya-Jawab-seputar-Kerusakan-Motor-Honda

ketepeng
01-22-2011, 08:56 AM
absen MIO Soul 2010

P 4154 ZL


:))