PDA

View Full Version : Pieter Booth, Gubernur Jenderal VOC (1609-1614) Bapak Pendiri Satpol PP



belutut
07-12-2010, 02:54 PM
http://i313.photobucket.com/albums/ll394/belutut/lareosing/20100317/25818_382042807443_601337443_401434.jpg

Pieter Booth, Gubernur Jenderal VOC (1609-1614) Bapak Pendiri Satpol PP

Keberadaan Polisi Pamong Praja dimulai pada era Kolonial sejak VOC menduduki Batavia di bawah pimpinan Gubernur Jenderal PIETER BOTH, bahwa kebutuhan memelihara Ketentraman dan Ketertiban penduduk sangat diperlukan karena pada waktu itu Kota Batavia sedang mendapat serangan secara sporadis baik dari pendduduk lokal maupun tentara Inggris sehingga terjadi peningkatan terhadap gangguan Ketenteraman dan Keamanan. Untuk menyikapi hal tersebut maka dibentuklah BAILLUW, semacam Polisi yang merangkap Jaksa dan Hakim yang bertugas menangani perselisihan hukum yang terjadi antara VOC dengan warga serta menjaga Ketertiban dan Ketenteraman warga.

Tanggal lahir bahkan tahun kelahiran dari Pieter Both tidak diketahui pasti (sekitar tahun 1568 ?), tetapi yang jelas beliau lahir di kota kecil Amersfoot. Masa kecil Pieter Both juga tidak diketahui. Yang diketahui pasti adalah dia berdagang di Italia dan mempunyai perusahaan disana. Perjalanan pertama Pieter Both yang diketahui dilakukan pada tahun 1599 dengan empat kapa mewakili perusahaan Nieuwe of Brabantsche Comapngnie dari Amsterdam menuju Indonesia. Dia kembali pada tahun 1601 degan dua kapa yang penuh muatan.

Tidak lama setelah pulang berlayar, para pedagang yang bergabung dalam Verenigde Oostindische Compagnie (VOC) meminta dia untuk tinggal di Hindia Belanda sebagai Gubernur Jenderal merangkap juga sebagai Konsul Dagang, dengan tujuan untuk mengorganisasi kebutuhan perusahaan menjadi lebih baik. Akhirnya pada tahun 1609 Pieter Both menjadi Gubernur Jenderal Pertama VOC di Hindia Belanda (Indonesia). Mengapa para pedagang tersebut memilih Pieter Both tidaklah jelas, yang pasti pada tahun 1610 Both berlayar dengan armada yang terdiri dari 8 kapal, dan sepuluh bulan kemudian, pada tanggal 19 Desember 1610 mendarat di Banten, Jawa Barat.

Tugas pertama Both adalah mencari tempat yang cocok untuk berlabuhnya kapal dan juga lokasi yang bakal menjadi pusat pemerintahan VOC. Tugas selanjutnya adalah mngatasi korupsi yang selama ini dilakukan oleh para pedagang VOC dan memastikan monopoli rempah-rempah di Maluku jatuh ke tangan VOC. Akhirnya Both menjadikan Maluku sebagai pusat perdagangan, sementara untuk kantor dan pelayanan administrasi dipusatkan di Jawa. Alasannya adalah persediaan pangan lebih melimpah di Jawa dibandingkan di Maluku. Sejarah membuktikan bahwa memang akhirnya pulau Jawa mempunyai kedudukan yang strategis selama penjajahan Belanda di Indonesia. Both membangun sebuah kantor di kota Jayakarta, kemudian menjalin kontrak dengan raja-raja Maluku, membuat perjanjian dengan Timor yang saat itu sudah dijajah Portugis dan menaklukan Tidore.

Pieter Both berhenti menjadi Gubernur Jenderal dan digantikan oleh Gerard Reynst pada tanggal 6 November 1614. Tanggal 2 Januari 1615 dengan menaiki kapal "Banda"sebagai kapal komando, Both meninggalkan Banten dengan armada yang terdiri dari empat kapal membawa muatan senilai 4.5 juta Gulden, tetapi Both tidak pernah sampai tujuan. Pada tanggal 6 Maret 1615 kapalnya karam diterjang badai di lepas pantai Mauritius, Both berusaha mencapai pantai tetapi akhirnya tewas sebelum mendarat di pantai. Untuk mengenang namanya, sampai sekarang nama Pieter Both dipakai sebagai nama salah satu dataran tinggi di Mauritius dengan nama Pieter Bothberg.

Sumber:FB Anton

yo2k
07-12-2010, 02:58 PM
berarti Satpol PP ambi TNI hulungan endi ikai ??? :idontknow:

belutut
07-12-2010, 03:21 PM
berarti Satpol PP ambi TNI hulungan endi ikai ??? :idontknow:

TNI itu baru terbentuk setelah kemerdekaan Indonesia kang.. Yang jelas 'Ideologi' terbentuknya TNI dengan Satpol PP sangat bertolak belakang.

Satpol PP dibentuk untuk melindungi penguasa/pemerintah Belanda (VOC), tugasnya adalah menjaga 'ketertiban' alias menjadi centeng dari penguasa, dan Satpol PP 'dihidupkan' lagi ketika era Orde baru sampe sekarang.

TNI, dibentuk untuk mempertahankan kedaulatan Negara. Ketika proklamasi masih di jam-jam awal, Indonesia sebagai negara belum mempunya Tentara resmi. Pada sidang PPKI tanggal 22 Agustus 1945 disepakati untuk membentuk Badan Keamanan Rakyat (BKR). BKR yang diumumkan oleh Presiden tanggal 23 Agustus 1945 bukan suatu organisasi militer resmi.

BKR baik di pusat maupun di daerah berada di bawah wewenang KNIP dan KNI Daerah dan tidak berada di bawah perintah presiden sebagai panglima tertinggi angkatan perang. BKR juga tidak berada di bawah koordinasi Menteri Pertahanan. BKR hanya disiapkan untuk memelihara keamanan setempat agar tidak menimbulkan kesan bahwa Indonesia menyiapkan diri untuk memulai peperangan menghadapi Sekutu.

Akhirnya, melalui Dekrit Presiden tanggal 5 Oktober 1945 (hingga saat ini diperingati sebagai hari kelahiran TNI), BKR diubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Pada tanggal 7 Januari 1946, Tentara Keamanan Rakyat berganti nama menjadi Tentara Keselamatan Rakyat. Kemudian pada 24 Januari 1946, dirubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia.
Karena saat itu di Indonesia terdapat barisan-barisan bersenjata lainnya di samping Tentara Republik Indonesia, maka pada tanggal 5 Mei 1947, Presiden Soekarno mengeluarkan keputusan untuk mempersatukan Tentara Republik Indonesia dengan barisan-barisan bersenjata tersebut menjadi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Penyatuan itu terjadi dan diresmikan pada tanggal 3 Juni 1947.

Koentji
07-12-2010, 03:26 PM
berarti Satpol PP ambi TNI hulungan endi ikai ??? :idontknow:

Ojo-ojo Satpol PP iku cikal bakal TNI paling kang?!
maklum... minim pengetahuan sejarah isun iki... :hiks:

yo2k
07-12-2010, 03:27 PM
ohhh ... gedigu ... berarti intinya Satpol PP ini dibentuk memang untuk melindungi Pemrintah sesuai dengan sejarahnya ???

tugasnya adalah menjaga 'ketertiban' alias menjadi centeng dari penguasa

Koentji
07-12-2010, 03:41 PM
Ngereply dadi barengan lambi TS.. :hiks:
baru ngerti deh... sejarah BAILLUW dan TNI. :D

belutut
07-12-2010, 03:43 PM
Ojo-ojo Satpol PP iku cikal bakal TNI paling kang?!
maklum... minim pengetahuan sejarah isun iki... :hiks:

Duduk kang... Satpol PP sama sekali bukan cikal bakal TNI.....
TNI (idealnya) mengabdi pada kepentingan Rakyat, Sedang Satpol PP mengabdi pada penguasa....

Cikal bakal TNI adalah laskar-laskar perlawanan rakyat yang berjuang melawan penjajah... Ada juga eks Tentara KNIL (tentara bentukan Belanda), eks PETA dan eks HEIHO (tentara bentukan Jepang) yang bergabung membentuk TNI.

bento
07-12-2010, 04:15 PM
begh mantep tenan pengetahuane sejarah :-bd

Marshall
07-12-2010, 07:07 PM
yeeee....impor :))

Koentji
07-12-2010, 08:42 PM
Duduk kang... Satpol PP sama sekali bukan cikal bakal TNI.....
TNI (idealnya) mengabdi pada kepentingan Rakyat, Sedang Satpol PP mengabdi pada penguasa....

Cikal bakal TNI adalah laskar-laskar perlawanan rakyat yang berjuang melawan penjajah... Ada juga eks Tentara KNIL (tentara bentukan Belanda), eks PETA dan eks HEIHO (tentara bentukan Jepang) yang bergabung membentuk TNI.

Enggih... matur suwun atas infonya mas... :salaman:

Dj_anchoex
07-12-2010, 09:03 PM
tapi katone sesuai perkembangan jaman dadi HANSIP yah, bener tah oseng?