PDA

View Full Version : Memilih kekentalan oli menurut jenis mesin



Dio
04-09-2010, 10:57 PM
BELAJAR MEMAHAMI MAKNA DIBALIK
KODE SAE OLI MESIN UTK MOTOR


Kekentalan merupakan salah satu sifat karakteristik fisik oli mesin yang sangat penting. Dalam istilah oli mesin kekentalan biasa dikenal sebagai viskositas. Sebenarnya viskositas ga sama dg kekntalan.
Tingkat kekentalan suatu oli mesin mengacu pada lembaga SAE berdasarkan table SAE J 300 th 1999.
Ada sekitar 30 jenis kekentalan SAE yg dikenal selama ini, diantaranya seperti SAE SAE 40, SAE 10w, SAE 20w50,SAE 15w50,SAE 10w40,SAE 15w40 dst.
Selama ini mungkin para biker hanya tahu kalau tingkat SAE itu Cuma membedakan encer dan kentalnya suatu oli mesin. Padahal makna SAE sesungguhnya lebih dari itu …. Makna yg mungkin tidak terfikirkan selama ini…Makna yg justru paling menentukan bagi nasib kondisi mesin motor Anda!!!

Pertanyaannya sekarang:
Apa makna sesungguhnya dari kode SAE tsb?
Yg mana tingkat kekentalan oli mesin yg cocok utk motor? SAE20w50,10w40,15w40 atau 15w50?
Benarkah kalau “tarikan enteng”pake oli encer, menandakan oli yg dipake cocok utk motor Kita?

Sekarang mari kita coba bahas satu persatu tingkat kekentalan oli mesin yg ideal buat motor!!
Umumnya tingkat kekentalan utk motor, bila dilihat dari kondisi iklim di Indonesia , performa mesin dan hasil pengujian,idealnya dapat dibagi 4 jenis yaitu: SAE 20w50, 10w40, 15w40, atau 15w50.
Sekarang Kita lihat kelebihan dan kekurangan masing2 tk. SAE ini.

-SAE20w50
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -10 sd -15 C (kode 20w) dan pd suhu 150 c dg tk.kekentalan tertentu .
Oli jenis ini relative kurang efisien dalm pemakain BBM namun sangat baik dlm perlindungan /perawatan mesin, khususnya utk kondisi jalan di Jakarta yg sering macet, jarang brjalan jauh ,polusi dan beban berat. Pd kondisi ini dikenal dg istilah “boundary lubrication”, dimana pada kondisi tsb. lapisan oli sangat tipis diantara celah mesin yg cenderung berpotensi terjadinya kontak antara logam dg logam.
Oli jenis ini relative paling kecil nilai viskositas indeksnya (VI), diantara 3 jenis oli lainnya (minimal utk.oli mineral/semi sintetis 120, utk. sintetis 145) . Semakin banyak aditiv viscosity index improver ,semakin sensitif oli /kurang baik buat mesin motor -utamanya terhadap stress di gear.
VI= ukuran kemampuan suatu oli mesin dalam menjaga kestabilan kekentalan oli mesin dalam rentang suhu dingan sampai tinggi. Semakin tinggi VI semakin baik kestabilan kekentalannya.Utk oli mobil, VI tinggi akan sangat baik dimesin. Utk motor bisa sebaliknya.

-SAE15w50
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin (minus) -15 sd -20 C (kode 15w) dan suhu 150 c dg tk.kekentalan tertentu .
Jenis oli relative sama dg SAE20w50.Sedikit yg membedakan adalah sedikit lebih encer dan nilai VI lebih tinggi dari 20w50. (minimal utk.oli mineral 130, utk. sintetis 150) Semakin tinggi nilai VI artinya adlah semakin banyak pemakaian aditif peningkat angka VI. Utk motor hal ini sangat riskan. Aditif ini relative sensitif digunakan utk motor yg menyatukan oli mesin dan gigi (wet clutch).Artinya oli jenis ini relative lebih mudah berubah kekentalannya dibandingkan 20w50.

-SAE10w40
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -20 sd -25 C (kode 10w) dan suhu 150 C dg tk.kekentalan tertentu .
Jenis Oli yg relative paling encer diantaranya ke3 jenis oli lainnya. Oli ini relative paling irit BBM, namun kurang baik dalam perlindungan mesin .Terutama pada kondisi jalan sering macet dan beban berat.(mis.sering dipake boncengan)
Relatif sama dg SAE 15w50 , dalam hal pemakaian aditif peningkat angka VI. (minimal utk.oli mineral 130, utk. sintetis 150) Apakah berarti paling bagus?Belum tentu …!Semakin banyak kandungan aditif peningkat angka VI , semakin besar kemungkinan peluang pecahnya aditif VI-nya dan berubah kekentalannya. Ukuran perubahan kekentalan oli biasanya dipakai batasan sampai 25-30% dari kekentalan awal /oli baru. Agak sulit memang indikatornya soalnya Cuma lab.yg bisa memastikan hal ini.
Kalaupun Anda ingin tetap memakai oli jenis ini, saran saya , perhatikan jarak pergantian olinya lebih awal. Kalau Anda merasa suara mesin sdh agak berbeda sedikit aja..cepet2 ganti dah..

-SAE15w40
Makna sesungguhnya : oli mesin yg masih mampu dipakai sampai kondisi suhu dingin -15 sd -20 C (kode 15w) dan suhu 150 C dg tk.kekentalan tertentu .
Nilai VI ,minimal utk.oli mineral 125, utk. sintetis 145.
Hasil pengujian di motor sebenarnya menunjukkan oli jenis ini yg paling pas. Oli jenis ini relative paling stabil kekentalannya dibandingkan yg lainnya. Masalhnya oli jens ini jarang diaplikasikan utk motor. Biasanya jenis SAE ini, dipakai utk kendaraan jenis mesin disel, yg membutuhkan kestabilan kekekntalan dalam jarak jauh dan kondisi ekstrim pada mesin disel.
sebagai tambahan aditif Vi adalah seny.kimia kopolimer -rantai panjang- yg mampu beradaptasi pd suhu rendah dan tinggi ttpi sensitif thd. stress di gear..


Selain hal diats, hal yg terkait dg perlindungan mesin motor adalah factor tingkat kode API dan kode JASO MA.

Jenis SAE lainnya sah2 saja dipake sejauh Anda tahu dan paham menyiasati oli tsb. Namun utk kondisi di Indonesia dan performa motor “wet clutch” , tingkat SAE diats ga ada salahnya-alias “kudu”- jadi prioritas pilihan Anda. Namun tentu semuanya kembali kepada Anda semuanya…mana menurut Anda yg palin cuocook utk tunggangan Anda….
ttpi yg palig penting lagi dr semua hal diats proporsinal-lah dalam menyiasati oli mesin...

semoga berguna share dari tetangga

QPLy
04-10-2010, 06:45 AM
PertamaXXX.

Nice Info dio.

singkat cerita menetukan apa jenis OLi yang cocok digunakan pada motor anda adalah dengan cara menyesuaikan dengan kondisi dan kebiasaan yang anda jalani. dan untuk motor baru biasanya setingan OLI sudah mengikuti anjuran dealer maklum berhubungan dengan garansi. Kalo penggunaan di roadrace ada juga yang mengaplikasikan OLI diesel karna di anggap kekentalannnya yang pas,(* sesuai pemakain yang motor dipaksa harus bekerja keras).

sepakat
04-10-2010, 10:30 AM
kentel koyok opo yooo??

noped
04-10-2010, 11:47 AM
Walopun sudah melihat KODE SAE
Tapi oli bajakan sekarang sama aja kentalnya dengan yang asli.

Jangan suka ganti-ganti merk oli.

yunus
04-10-2010, 01:31 PM
^atas : pedahmu sik Grand kang?
mbok kei oli opo biasae?

:ehem-ehem:

noped
04-10-2010, 01:36 PM
^atas : pedahmu sik Grand kang?
mbok kei oli opo biasae?

:ehem-ehem:

top setunggal
nate coba castrol kok ga pwenak

yunus
04-10-2010, 01:40 PM
piro TOP1 saiki?
tau njajal gawe enduro 4T gak? aku gawe iku saiki, 80ml : 24ewu. :piss:

noped
04-10-2010, 01:48 PM
piro TOP1 saiki?
tau njajal gawe enduro 4T gak? aku gawe iku saiki, 80ml : 24ewu. :piss:

piro wingi lali aku regane.
ra tau gawe enduro, ga cocok nang mesinku, wqwqwqwq
weaku tak tune up soale

yunus
04-10-2010, 01:55 PM
wqwqwq..
mbok tune up piye?
bar mudhun mesin tah?
wingi nggonanku bar tak serpis, tak jajal gowo nang smrg / sktr 125km.
ngacirrr....
:topeng:

mantab jaya,

QPLy
04-10-2010, 07:59 PM
OLI yang pernah ane coba>>

motor suprax 2003 100cc, pake
1. federal supreme (*bawaan dari honda efek lebih irit.
2. PrimaXP (*daya tahan lama lumayan buat jalan jauh
3. Enduro4T (* bawaane agak boros tpi tarikan mangstab
4. Enduro4T racing (* ndek bensin gak nahan, lari lmayan kenceng tpi diatas 1000 KM terasa beda tenaganya, wes rodo kendo


:hface:

yunus
04-10-2010, 08:02 PM
jambul alas, supramu mlaku 1000 km/jam tah ply??
:)) =))

noped
04-10-2010, 11:30 PM
wqwqwq..
mbok tune up piye?
bar mudhun mesin tah?
wingi nggonanku bar tak serpis, tak jajal gowo nang smrg / sktr 125km.
ngacirrr....
:topeng:

mantab jaya,

Karbu ane ganti RX
Seker Jupiter Z
Ngeng............

yunus
04-10-2010, 11:48 PM
wadoo.. sampek piro ngunu iku?
boros bensin gk?

kakean tak nggo lewat dalan gk enak, skok ku gk beres.. :(

emang seker grand karo jupe kacek'e gk akeh ta?? :-/

GapLek
04-11-2010, 08:33 PM
sekedar sharing.. selain standard SAE.. ada beberapa standard internasional yg dipakai untuk mengidentifikasi viscositas dari oli, yaitu DOT (Departement Of Transportation) biasa digunakan untuk negara negara eropa. ada juga JIS (Japan Industrial Standard) yang khusus digunakan negara jepang. semuanya hampir sama. cuman nilai angka dan simbolnya aja yg beda. smoga bermanfaat.

QPLy
04-11-2010, 09:18 PM
sekedar sharing.. selain standard SAE.. ada beberapa standard internasional yg dipakai untuk mengidentifikasi viscositas dari oli, yaitu DOT (Departement Of Transportation) biasa digunakan untuk negara negara eropa. ada juga JIS (Japan Industrial Standard) yang khusus digunakan negara jepang. semuanya hampir sama. cuman nilai angka dan simbolnya aja yg beda. smoga bermanfaat.

nIce Inpo Gus Gaplek, trus menurut dikau Oli apa yang cucok buat SMaSH ???

:D

dann
04-11-2010, 10:57 PM
e gdigu tah??
buru weruh isun yah..

iyo wes suwon nak hun woco sulung bungkuse OLI nisun

GapLek
04-13-2010, 05:32 PM
nIce Inpo Gus Gaplek, trus menurut dikau Oli apa yang cucok buat SMaSH ???

:D
wah sebenarnya semua oli syntetic itu bagus gus qyp, (menurut saya). selain buat nahan gesekan sesama logam oli juga buat pendingin suhu mesin. klo pribadi, buat smash sy lebih mantep merek katrol timbang topewan :D

QPLy
04-13-2010, 07:49 PM
wah sebenarnya semua oli syntetic itu bagus gus qyp, (menurut saya). selain buat nahan gesekan sesama logam oli juga buat pendingin suhu mesin. klo pribadi, buat smash sy lebih mantep merek katrol timbang topewan :D


wah lek gitu pilian kita sma gus. ane Juga pake katrol tpi yang aktip :D

noped
04-26-2010, 11:58 AM
wadoo.. sampek piro ngunu iku?
boros bensin gk?

kakean tak nggo lewat dalan gk enak, skok ku gk beres.. :(

emang seker grand karo jupe kacek'e gk akeh ta?? :-/

Boros sih gak, yo wes wajar lah lak karbu juga gede.
Seker jupe cuman 125 rebu.

Maksut ente seker grand karo jupe kacek'e, kacek opone maksude ?

QPLy
04-26-2010, 01:22 PM
Mukin sek dimaksut den Kid iki diameter'e seher bos.

rujakecut
04-27-2010, 03:55 PM
nIce Inpo Gus Gaplek, trus menurut dikau Oli apa yang cucok buat SMaSH ???

:D

lek suzuki coba nggawe shell helix sing sae 15w-40..... koyok motor so un ku :laros_ngakak2:

aldyduesupra
04-29-2010, 09:02 AM
top setunggal
nate coba castrol kok ga pwenakwis tw nyoba nggawe enduro tah?????sing penting kdung yo wis co2k jo d ganti2 maning........peda2 matic kdung bso nggawe enduro matic.....mantap kang...akselerasine enteng....apalagi kombinasi m pERtAmaX....speda bso.....wuuuzzzzz:hihihi::hihihi::hihihi: